web analytics
Business Plan - Pengertian dan Jenis Business Plan
Business Plan - Pengertian dan Jenis Business Plan

Business Plan – Pengertian dan Jenis Business Plan

KABARPERTIWI – Tahukah Anda tentang business plan? Business plan merupakan satu hal yang harus Anda pahami ketika akan memulai bisnis. Berikut ini akan kita bahas mengenai bisnis plan, pengertian dan jenisnya.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, pertama Anda harus mengerti  target konsumen dan manfaat produk Anda. Selanjutnya lakukan dari hal yang kecil dan nyata untuk memulai bisnis. Berikutnya mampu memahami keunggulan kekuatan yang dipahami. Dan langkah ke empat Anda cari mentor dalam berbisnis, dan yang terakhir adalah membuat bisnis plan.

Dibawah ini kita akan membahas pengertian business plan dan jenis business plan.

Business plan Adalah

Bisnis plan adalah sebuah dokumen yang berisikan sifat bisnis Anda secara tertulis. Yang biasanya berisi tentang strategi penjualan dan pemasaran terperinci, posisi keuangan, seperti pendapatan dan pengeluaran selama menjalankan bisnis.

Tujuan dari bisnis plan ini untuk mencantumkan target yang ingin dicapai oleh perusahaan, serta cara bagaimana agar tujuan tersebut bisa dicapai dengan baik. Dengan bisnis plan bisa juga digunakan untuk mencari solusi dari berbagai masalah dan tantangan yang ada di masa depan.

Sehingga pembuatan dokumen ini tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa dan harus disusun dengan terencana detail dan matang.

Bisa disimpulkan bahwa pengertian dari bisnis plan merupakan dokumen yang berisi tentang bagaimana cara perusahaan akan di bangun, serta strategi dan tujuan yang ingin dicapai.

Jenis-jenis Business plan

Ada beberapa jenis dalam business plan. Berikut ini akan pembahasannya:

  • Start-Up Bisnis Plan

Dengan start-up akan tergambarkan dengan jelas mengenai perusahaan yang akan didirikan. Ada banyak produk atau jasa yang ditawarkan publik, evaluasi kompetitor, evaluasi pasar,  marketing, bermacam-macam faktor risiko, dan sistem manajemen yang nantinya bisa digunakan.

Juga dibahas mengenai proyeksi keuntungan, pemasukan, pengeluaran, serta arus kas perusahaan. Untuk jenis ini sudah sangat lengkap, jadi sangat sesuai untuk ditampilkan pada calon investor.

  • Strategic Business Plan

Bila dibandingankan dengan start up, strategic  cukup rumit. Dalam dokumen lebih spesifik dalam menjelaskan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan.

Setiap perusahaan mempunyai struktur yang bermacam-macam tetapi ada beberapa yang paling penting dan harus dimasukan, seprti visi dan misi perusahaan, faktor kritis, strategi yang ingin dicapai, jadwal penggunaan strategi perusahaan.

Dengan Strategic ini bisa membantu pihak stakeholder untuk mencapai tujuan perusahaan, sehingga yakin dengan visi dan misi perusahaan.

  • Operations Business Plan

Jenis berikutnya operations yang merupakan salah satu bisnis plan khusus untuk pihak internal perusahaan saja. Tercantum mengenai perencanaan dan peraturan tentang jalannya suatu perusahaan. Seperti berbagai tanggung jawab untuk setiap orang yang berkepentingan dalam perusahaan.

  • Development Bisnis Plan

Dalam jenis ini menjelaskan tentang kelengkapan yang terkait dengan organisasi perusahaan, administrasi, serta pertanggungjawaban yang ditanggung oleh setiap karyawan. Dengan demikian didokumen ini bisa dipakai untuk pihak internal atau pihak eksternal.

  • Growth Bisnis Plan

Jenis yang terakhir adalah growth bisnis plan yang di dalamnya berisi perencanaan pengembangan perusahaan di masa depan. Dokumen ini untuk kebutuhan internal atau pihak eksternal untuk memperoleh modal yang banyak dari investor.

Biasanya didalam dokumen harus berisi penjelasan secara detail mengenai perusahaan, struktur manajemen, serta pihak apa saja yang berada diposisi penting.

Demikian ulasan tentang business plan dari pengertian sampai jenisnya. Semoga bisa membantu bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.