web analytics
KUR Super Mikro untuk Alumni Program Kartu Prakerja
KUR Super Mikro untuk Alumni Program Kartu Prakerja

KUR Super Mikro – Pemerintah Siapkan KUR Bagi Alumni Kartu Prakerja

KABARPERTIWI.COM – Kabar gembira bagi para alumni Kartu Prakerja. Pasalnya, saat ini Pemerintah tengah menyiapkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro bagi alumni yang  ber wirausaha usai pelatihan program Kartu Prakerja.

Berdasarkan informasi yang kabarpertiwi.com himpun, bahwa Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bapak Rudy Salahuddin Menjelaskan Bahwa kebijakan pemerintah ini merupakan langkah berkelanjutan dari program Kartu Prakerja dengan mengintegrasikan ke program pemerintah yaitu KUR guna membantu para alumni Kartu Prakerja yang sudah membuka usaha dari pelatihan yang mereka ikuti dalam program Kartu Prakerja.

Dengan adanya program KUR untuk Alumni Kartu Pra kerja ini, diharapkan ada semangat baru bagi alumni untuk bergerak mengembangkan kewirausahaan didalam negeri. Dengan program KUR super micro ini, diharapkan pertumbuhan kewirausahaan bisa mencapai lebih dari 4% pada tahun 2024 nanti.

Program KUR super micro ini, merupakan fasilitas yang di berikan kepada alumni Kartu Prakerja. Perlu diperhatikan Program ini khusus bagi alumni yang telah membuka usaha dan membutuhkan tambahan baiaya produksi ataupun meningkatkan standarisasi dari pengusaha kecil ke pengusaha menengah bahkan bisa sampai ke pengusaha kelas atas.

Berdasarkan hasil survei Management Pelaksana Kartu Prakerja, ada kurang lebih 19.500 Alumni dari 5.98 Juta Alumni kini berwiraswasta.  Selain itu, 17 Persen alumni program Kartu prakerja berwiraswasta dari total 35% alumni yang awalnya pengangguran.

Namun demikian, ada syarat lain selain telah menjadi Alumni Program Kartu prakerja, yaitu alumni tidak bekerja di perusahaan lain yang sudah menjadi karyawan tetap. Hanya alumni kartu prakerja yang berwiraswasta dan menajdi korban (PHK) Pemutusan Hubungan kerja yang dapat mengajukan program KUR Super Micro ini.

Bapak Rudy Menegaskan Bahwa “Program KUR Super Mikro ini, bisa digunakan untuk menaikan skala usaha para alumni program kartu prakerja ke depan,” Pada hari Jumat (5/3).

Syarat lain untuk dapat mengajukan Program KUR Super Mikro ini adalah :

  1. Hanya diberikan ke pengusaha skala mikro.
  2. Usaha yang digeluti boleh berdurasi singkat.
  3. Belum pernah menerima KUR.

Nah, bagi alumni Program Kartu Prakerja yang telah memenuhi syarat – syarat tersebut, bisa mengajukan KUR super mikro ini ke Bank Penyalur KUR. Yaitu Bank-bank mitra pemerintah. Untuk besaran pengajuan KUR ini Berkisar antara Rp. 4.000.000 Rupiah dan maksimal adalah 10.000.000 Rupiah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.