web analytics
Begini Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula
Begini Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula

Begini Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula

KABARPERTIWI – Begini cara Investasi Saham Online Untuk Pemula. Tahukah Anda bahwa investasi merupakan awal perjalanan untuk mencapai kesejahteraan finansial? Dengan melakukan usaha untuk berinvestasi berarti Anda mempunyai pilihan untuk masa depan Anda.

DOWNLOAD APLIKASI LUCKY TIME [KLIK  BUKA]

Apakah Anda sudah mengerti tentang investasi saham? Anda berminat dalam invest saham, tetapi masih bingung mengenai usaha ini? Dalam artikel ini KabarPertiwi akan mengulas panduan cara Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula.

Mengetahui Konsep dan Pengertian Investasi Saham

Sebelum Anda memulai investasi saham, ada baiknya Anda pahami telebih dahulu mengenai konsep dan pengertian investasi saham.

Investasi adalah proses penanaman modal bersifat jangka panjang terhadap instrumen tertentu dengan harapan memperoleh keuntungan atau return.

Saham merupakan surat berharga yang digunakan sebagai bukti kepemilikan dari seseorang atau korporasi terhadap suatu perusahaan.

Sedangkan investasi saham adalah suatu proses penanaman modal berupa instrumen saham yang dilakukan dalam jangka panjang dengan harapan untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan (expected return).

Yang perlu digarisbawahi kalau yang utama dari investasi saham adalah menanamkan modal dalam jangka panjang. Lama periode jangka panjang tergantung dari masing-masing investor, biasanya tidak kurang dari satu tahun.

Bagi Anda yang pemula sebaiknya Anda memahami tentang saham secara komprehensif. Tidak hanya memahami pengertian saham saja, tetapi juga harus memahami jenis-jenis saham, manfaat saham dan keuntungan dalam investasi saham, termasuk resiko investasi saham.

Cara Daftar Investasi Saham secara Online dan Offline

Bagi Anda pemula bila sudah mengerti dasar-dasar tentang investasi saham, langkah berikutnya adalah memahami bagaimana cara daftar baik secara online ataupun offline.

Pendaftaran saham secara online atau dengan offline pada dasarnya hampir sama, yang membedakan jika daftar online Anda tidak perlu datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara pendaftaran secara offline karena lebih sering dipilih para calon investor.

1. Mendatangi Kantor Sekuritas untuk Pembukaan Rekening Efek

Sama halnya dengan menabung, yang dibutuhkan adalah nomor rekening saham juga seperti itu. Jika membuka buku tabungan Anda harus pergi ke kantor banknya, demikian juga saham, Anda harus mendatangi kantor perusahaan sekuritas.

Tidak beda jauh ketika akan menabung yang dibutuhkan rekening, saham juga membutuhkan rekening. Bila membuka buku tabungan di bank Anda harus datangi kantor cabang terdekat, sama juga dengan saham Anda harus datang ke kantor perusahaan sekuritas.

Bagi Anda yang beraa di kota besar akan mudah menemukan perusahaan sekuritas (pialang). Tetapi jika Anda tinggal di kota kecil biasanyanjarang menemukan kantor pilang.

Beberapa perusahaan yang masuk sebagai perusahaan sekuritas seperti MNC Sekuritas, Mandiri Sekuritas, BAhan Sekuritas, BNI Sekuritas dan masih banyak lainnya. Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Melengkapi Persyaratan Administrasi

Pendfataran secara online atau offline  syarat-syarat aministrasinya hampir sama, yang membedakan  jika online  pengisisan form sudah disediakan melalui situs website perusahaan sekuritas.

Pendaftaran online, Anda nantinya akan menerima form yang mesti ditanda-tangani, dan form tersebut juga harus dikirimkan kembali ke alamat kantor sekuritas agar biar bisa diverifikasi.

Pendaftaran offline, semua prosedur itu dilakukan di kantor perusahaan sekuritas. Beberapa dokumen yang mesti Anda lengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Kartu Identitas: KTP atau SIM atau Kartu Pelajar.
  • Kartu NPWP. Bagi pelajar dan mahasiswa, ini tidak dibutuhkan.
  • Buku tabungan.
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Meterai enam ribu

Untuk berkas yang asli harus dibawa, selain itu berkas asli juga dfotokopi agar proses pembukaan rekening bisa berjalan lebih cepat.

Demikian persyaratan untuk melakukan investasi saham. Dan pastikan berkas-berkas harus lengkap.

3. Melakukan Deposit atau Top Up Dana

Proses pembukaan rekening efek sudah Anda lakukan kemudian Anda akan diiminta untuk melakukan deposit supaya transaksi jual beli saham segera bsa anda lakukan.

Jumlah dana yang dibutuhkan untuk setiap sekuritas memiliki kebijakan masing-masing. Tetapi biasanya dengan uang Rp. 100 ribu Anda sudah dapat buka buku rekening saham.

Deposit sudah Anda lakukan biasanya melalui email akan dikirim noties jika buku rekening efek Anda sudah aktif. Akan diberikan akses login seperti ID dan PIN yang nanti digunakan untuk mengakses aplikasi yang nantinya untuk menabung atau membeli saham.

4. Download Aplikasi

Bagi pemula yang masih belum tahu aplikasi apa yang digunakan untuk menjual atau membeli saham, Anda bisa download di Google Playstore atau iStore sesuai dengan aplikasi perusahaannya.

Dengan demikan Anda bisa bermain saham melalui smartphone, PC atau laptop Anda, jika Anda masih menemui kendala bisa Anda tanyakan pada customer care.

Download Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terdaftar di OJK [KLIK BUKA]

Panduan Membeli Saham Untuk Pemula

Baca Panduan Beli Saham Untuk Pemula [KLIK BUKA]