web analytics
Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Syarat KTP dan K
Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Syarat KTP dan K

Hosting For Wordpres – Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Syarat KTP dan KK

KABARPERTIWI – Bantuan Sosial terus didistribusikan Pemerintah kepada masyarakat. Banyak masyarakat yang mengelukan Bansos tidak tepat sasaran.

Ada masyarakat yang layak mendapatkan bantuan sosial, tetapi kenyataanya malah tidak dapat. Sebaliknya, ada juga yang tidak layak menerima bansos, tetapi dilapangan malah menerima bansos.

Oleh karena hal itu Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan Aplikasi Cek Bansos yang bisa bantu masyarakat untuk memperoleh informasi kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH).

Aplikasi Cek bansos dilengkapi dengan fitur usul, jadi pengguna dapat mengusulkan diri sendiri atau keluarga untuk memperoleh Bansos.

Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos

Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Syarat KTP dan KK
Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Syarat KTP dan KK

Menu yang ada di Aplikasi Cek Bansos, yaitu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan.

Pastikan anda telah mengunduh Aplikasi Cek Bansos Disini.

Bagi yang ingin mendapatkan bantuan, silahkan klik Daftar Usulan, menu ini memuat usulan yang telah ditambahkan oleh pemilik akun.

Pada tombol Tambah Usulan pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya, keluarga, fakir miskin atau bahkan  masyarakat lain secara langsung.

Selanjutnya pendaftar mencantumkan data seperti nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul, Kartu Keluarga.

Bagi pendaftar yang mengajukan keluarga sendiri, status harus sama dalam 1 KK.

Pada menu usulan, seluruh data wajib diisi sesuai dengan data kependudukan karena sama seperti menu Register  akan langsung disamakan dengan data Dukcapil.

Yang muncul pada menu Pilih Bansos, yaitu NIK yang diinput  dan ada data dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selanjutnya pendaftar hanya tinggal menunggu kelanjutan dari penyaluran bansos.

Partisipasi Masyarakat

Dengan adanya menu partisipasi masyarakat pada aplikasi memungkin proses pembaruan data semakin cepat.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, terkait adanya menu Usul dan Sanggah pada aplikasi Cek Bansos akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Menurutnya sebagai petugas untuk pembaharuan data, pemerintah akan makin terbantu dengan adanya ikut serta maayarakat. Walau demikian kewenangan pemerintah daerah masih tetap ada. Ini merupakan sebagai upaya untuk ketepatan dalam penyaluran bantua sosial.

Seandainya ditemukan perbedaan data dari masyarakat dengan data pemerintah daerah, maka akan dilakukan mekanisme ‘quality assurance’ oleh perguruan tinggi.

“Kalau ada dispute (perselisihan) nanti akan dilakukan penjaminan mutu oleh perguruan tinggi,” kata Risma.

Menurut Mensos, dalam UU No. 13/2011 warga tidak mampu berhak mengusulkan diri untuk mendapatkan bantuan.

Dua fitur tersebut sebagai implementasi Dilihat dari ketentuan dalam undang-undang fitur Usul dan Sanggah tersebut bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan bantuan sosial sesuai dengan ketentuan.

Dalam masa pandemi, bantuan untuk masyarakat sangatlah penting, bagi anda ada baiknya mulai belajar investasi, baik investasi saham, trading forex, trading saham bisa baca artikelnya di kabarpertiwi.com.